PROFILE OPERA SOFTWARE COMPANY

           Opera adalah perusahaan independen Skandinavia yang telah terjun dalam bisnis pembuatan browser web sejak tahun 1994. Pendiri kami memandang internet sebagai wahana untuk menyediakan informasi menjadi secara gratis kepada siapa saja di dunia di mana pun mereka tinggal atau cara mereka terhubung ke jaringan.
           Sejak itu, salah satu kekuatan pendorong utama di balik pekerjaan kami adalah membuat browser web yang dapat berjalan di komputer, ponsel atau perangkat lain, dari TV ke tablet hingga konsol game. Hari ini, kami bangga mengatakan bahwa produk dan layanan kami telah menghubungkan lebih banyak hal yang tidak terhubung sebelumnya, mulai dari orang di kota-kota besar sampai desa dan tempat terpencil di muka bumi ini.

          Opera Software adalah perusahaan dari Norwegia pengembang aplikasi peramban Opera dan variannya. Perusahaan ini berkantor pusat di Oslo Norwegia. Juga memiliki kantor-kantor cabang di negara Swedia, Polandia, China, India, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Republik Ceko dan Amerika serikat. Perusahaan ini berdiri tahun 1995, setelah Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsøy meminta izin hak terhadap MultiTorg Opera dar iTelenor yang merupakan tempat dimana dahulu mereka berdua bekerja. Pada awal pendiriannya, Opera Software, tidak memiliki modal marketing sama sekali. Dengan hanya 10 karyawan, Opera Software dioperasikan oleh Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsøy. Tetzchner, walaupun berposisi sebagai CEO tetap menulis code program browser Opera.Dari perusahaan ini pula, lahir CSS, yang menjadi dasar dari penampilan web yang lebih indah, hal ini diprakasai oleh Håkon Wium Lie selaku CTO.
          Dewasa ini, Opera Software memiliki, lebih dari 500 pekerja, tetapi baru-baru ini, setelah mereka memutuskan untuk mengganti mesin browser mereka, dari Presto ke WebKit, Opera Software telah melakukan PHK terhadap 90 lebih pekerja mereka. Hal ini sangat disayangkan karena akhirnya peramban Web dewasa ini hanya beradasrkan pada satu mesin saja. Hal ini menyebabkan sebuah monopoli web.
          Opera Software juga membundling Opera Mini, salah satu peramban Cloud mereka untuk Mobile phone dengan J2ME, Symbian, MeeGo, Android,Tizen, Bada. dengan paket Opera Mini dari Telkomsel, operator terbesar di Indonesia. Hingga sekarang, belum ada peramban Cloud yang dapat menyaingi rendering dari engine Pike dan Presto Opera. Dalam kancah perperangan di kancah mobile, hingga saat ini hanya ada Opera Mini dan juga UC Browser.


VISI DAN TUJUAN OPERA SOFTWARE

Visi Opera adalah untuk memberikan pengalaman penjelajahan Internet terbaik pada perangkat apapun. Selain itu ada 6 point visi yang di buat oleh opera, yakni :

· Kami juara sebuah internet terbuka
· Kami berusaha untuk membawa web untuk semua orang
· Kami memungkinkan konten dan perdagangan
· Kami menciptakan nilai melalui kemitraan
· Kami membentuk dengan cinta dan pengerjaan
· Kami membawa teknologi untuk hidup

          Tujuan dari kunci bisnis Opera adalah untuk menjadi pemimpin global untuk pasar PC/dekstop dan produk embedded. Strategi bisnis utama Opera adalah untuk menyediakan sebuah browser yang dapat beroperasi lintas perangkat, platform dan sistem operasi, serta dapat menyampaikan dengan lebih cepat, lebih stabil dan dengan pengalaman penjelajahan Internet yang lebih fleksibel daripada pesaingnya.


PRINSIP-PRINSIP OPERA SOFTWARE
  • Kami percaya menghormati pengguna kami 
          Pengguna memiliki fitur sejak awal berbentuk Opera dan menyebarkan berita kepada yang belum tahu . Berkat interaksi ini Opera Software yang ada saat ini , baik sebagai sebuah organisasi dan sebagai pemimpin teknologi . Opera Software tidak akan pernah lupa bahwa fokus utamanya adalah pengguna .

  •  Kami percaya pada Net yang melindungi keanekaragaman budaya . 
           Net seharusnya tidak membasmi perbedaan budaya . Seperti dalam kehidupan , Net memberikan pengalaman yang lebih kaya ketika orang-orang dari seluruh dunia bertemu dan belajar dari satu sama lain dengan saling menghormati . Opera Software akan melakukan segala upaya untuk mempromosikan keragaman budaya dan membuat produk tersedia dalam banyak bahasa mungkin .

  • Kami percaya pada keamanan.
          Net mengumpulkan orang-orang dari semua lapisan masyarakat , dengan membawa niat yang berbeda serta pengalaman . Opera Software akan melakukan segala kemungkinan untuk mempertahankan tingkat kemungkinan keamanan tertinggi untuk semua netizens , sehingga mereka dapat menavigasi tanpa takut terganggu .

  • Kami percaya internasional , standar terbuka . 
          Internet harus tetap terbuka dan bebas untuk semua pengguna , terlepas dari browser aplikasi yang mereka gunakan . Standar seperti semangat Internet , sebuah struktur di mana inovasi manusia bisa makmur untuk kepentingan semua orang. Opera Software tidak akan berusaha untuk menghalangi proses evolusi berkelanjutan Net dengan menerapkan standar proprietary .

  • Kami percaya dalam Web bebas paten . 
         Opera Software tidak percaya inovasi dalam industri perangkat lunak dilindungi atau didorong oleh paten perangkat lunak . Secara khusus , kami percaya interoperabilitas di Internet harus didorong , dan kami secara aktif bekerja untuk memastikan bahwa paten perangkat lunak tidak berdiri di jalan interoperabilitas .
Sebagai perusahaan yang sangat inovatif , Opera Software datang dengan banyak ide dan konsep yang dipatenkan . Dalam beberapa situasi , kita akan mengajukan permohonan paten perangkat lunak sebagai cara untuk melindungi diri dari serangan oleh pemegang paten agresif lainnya .

  • Kami percaya dalam pekerjaan baik. 
          Karyawan Opera Software adalah sumber daya yang paling berharga kami . Opera Software akan berinteraksi dengan para karyawannya dengan cara yang sama karena berusaha untuk berinteraksi dengan pelanggan : mengikuti standar etika tertinggi dan menghormati individualitas .

  • Kami percaya dalam privasi . 
          Kami akan selalu menerapkan standar etika tertinggi ketika berhadapan dengan informasi pribadi pelanggan kami . Opera Software adalah lisensi produk-produk internet , bukan pelanggan . 

  • Kami percaya pada tanggung jawab sosial . 
          Opera Software hanya akan berkembang dalam lingkungan di mana setiap perawatan diambil untuk bertindak sebagai netizen yang bertanggung jawab . Opera Software akan berusaha untuk selalu bertindak sebagai pilar tanggung jawab sosial dalam segala hal yang dilakukannya .

          Opera Software berjanji untuk selalu berusaha untuk mematuhi prinsip-prinsip tersebut , sehingga semua Opera - kode akan mematuhi lima S : Kecepatan , Ukuran , Keamanan , Standar Kepatuhan dan Negara Seni . Dengan demikian , ia mencari bantuan dan bimbingan dari komunitas Net


TIM EKSEKUTIF OPERA

Lars Boilesen >> Chief Executive Officer
Mahi de Silva >> Executive Vice President, Consumer Mobile
Rikard Gillemyr >> Executive Vice President, Product Development
Erik C. Harrell >> Chief Financial Officer / Chief Strategy Officer
Tove Selnes >> Executive Vice President, Human Resources
Andreas Thome >> Executive Vice President, Sales & Marketing
Jeffrey S. Glueck >> EVP of Operator Solutions


FINANCIAL OPERA SOFTWARE

Financial dalam opera dibuat dalam bentuk annual report tiap tahun yang di share dalam web resmi opera. untuk mengetahui financial opera lihat di link berikut :



REFERENSI :


Jumat, 11 Oktober 2013
Posted by Save Our Nature
review game : Age of Empires III

Age of Empires III adalah sebuah permainan real-time strategy yang dikembangkan oleh Ensemble Studios-nya Microsoft Corporation dan dipublikasikan oleh Microsoft Game Studios. Versi Mac-nya diambil alih (was ported over) dan dikembangkan oleh MacSoft Games-nya Destineer dan dipublikasikan oleh Destineer dan MacSoft Games. Versi PC-nya dirilis pada 18 Oktober 2005 di Amerika Utara dan 4 November 2005 di [Eropa], sementara versi Mac-nya dirilis pada 21 November 2006 di Amerika Utara dan 29 September 2006 di Eropa. Permainan ini adalah permainan ketiga dari dari seri Age of Empiresdan sequel dari Age of Empires II: The Age of Kings. Permainan ini menggambarkan Kolonisasi Bangsa Eropa terhadap Benua Amerika, kira-kira antara 1492 dan 1850 Masehi (diperluas di Age of Empires III: The WarChiefs ke 1876). Secara utama, ada 8 peradaban Eropa yang bisa dimainkan di permainan.



ENGINE dan ALGORITMA
Engine Genie adalah mesin permainan yang dikembangkan oleh Ensemble Studios dan digunakan di beberapa populer permainan komputer , seperti Age of Empires , Age of Empires II dan yang ekspansi (tapi tidak digunakan di lain Studios permainan Ensemble) dan Star Wars: Galactic Battlegrounds .
Backtracking adalah algoritma umum untuk menentukan semua jalan (atau beberapa) solusi untuk beberapa masalah komputasi , yang secara bertahap membangun calon solusi, dan meninggalkan setiap calon parsial c ("backtracks") segera setelah menentukan c yang tidak mungkin diselesaikan dengan solusi yang valid. 


GAMEPLAY


Pemain memulai dengan sebuah pusat kota yang telah terbangun atau sebuah gerobak, seorang penjelajah, dan beberapa pemukim (jumlah pemukim bergantung kepada peradaban mana yang kau mainkan). Pemain menjelajahi peta dan memulai mengumpulkan sumber daya yang digunakan untuk membuat unit tambahan dan banguan dan untuk meriset peningkatan atau teknologi. Atas aksi-aksi seperti melatih unit, mengkonstruksi bangunan, membunuh unit musuh, dll., pemain mendapatkan poin experience. Di ambang poin experience tertentu, pemain mendapatkan kartu pengiriman yang dapat ditukar untuk pengiriman (shipment) bermacam barang, unit, dan fungsi lain dari Home City. Perkembangan permainan mirip dengan kebanyakan permainan real-time strategynhingga satu pihak berhenti atau tereliminasi. Eliminasi terjadi saat semua villagers dan penjelajah dari seorang pemain terbunuh, tanpa memperhatikan bangunan dan/atau unit militer yang tersisa.


Kamis, 17 Januari 2013
Posted by Save Our Nature

video animasi : JAKARTA KU

video ini menggambarkan kota Jakarta dimana terdapat Monas, Busway, Bajaj, dan Kopaja

http://www.youtube.com/watch?v=sIYAVSo6gxc&feature=youtu.be
Minggu, 13 Januari 2013
Posted by Save Our Nature

Compare 3 Content Management System (CMS)


1. Wordpress




Latar Belakang

     Segalanya tentang pembuatan wordpress dimulai di tahun 2001, ketika blogware bernama b2/cafelog yang di develop oleh Michel Valdrighi di hentikan pengembangannya. Kala itu, seorang developer web bernama Matt Mullenweg yang menggunakan b2 sebagai blogware utama untuk situsnya memutus kan untuk mengembangkan sebuah blogging software yang dikembangkan dari codebase b2 pada 2003. ia pun pada akhirnya dikontak oleh Mike Little dan akhirnya mengembangkan software ke dalam bentuk yang lebih modern lagi dan sesuai dengan standar web Pa dan kebutuhan Matt. Pada akhirnya, Michel valdrighi selaku pengembang asli dari blogware b2 pun bergabung pada tim mereka.
  • 27 Mei 2003. WordPress pertama kali di rilis ( versi 0.7 )
  • 19 desember 2003, WordPress wiki di publish. Kita mengenalnya sekarang dengan codex.wordpress
  •  3 Januari 2004, WordPress versi 1.0 di rilis. Upgrade besar besaran dari vrsi sebelumnya. Edit link, interface admin baru, multiple category, dan fitur – fitur yang sangat usefull hingga versi terkini wordpress.
  •  22 Mei 2004, versi 1.2 dirilis. perubahan besar – besaran. POst review, Arsitektur plugin baru, sistem moderasi komentar yang lebih oke.
     Pertengahan februari 2005, versi 1.5 dirilis. kemampuan memanage static page ( atau kita kenal dengan page pada wordpress ) telah merubah wordpress dari simple blog management menjadi full content management system. Theme system yang memudahkan user merubah tampilan, dan juga default template baru dengan codename Kubrick yang didesain oleh Michael Heilemann. 

Dari pertengahan 2005 itulah CMS wordpress lahir dan semakin di kenal oleh dunia, hingga tetap eksis hingga sekarang.

Caching Plug-in :
WP-SuperCache : Plugin Super Cache mengoptimalkan kinerja dengan menghasilkan file html statis dari database-driven konten untuk beban kali lebih cepat.

Wordpress dalam Angka :
  1. Jumlah Download Dalam satu minggu pada 2010 Menurut OCMCS Report  983,625 kali.
  2. 14.629  Jumlah Plugins/Extension/Modul 
  3. Jumlah Tema  1392
  4. Di dunia maya terdapat 14.3% situs yang menggunakan Wordpress
  5. 30,4 juta Pencarian Google setiap bulan nya
  6. $2.18 uang yang di dapat tiap kali Google Adword di Klik.
Keunggulan :
  • Cukup mudah dioperasikan.
  • Sederhana.
  • Akun gratis wordpress dapat dimiliki dengan mendaftar di WordPress.com.
  • WordPress juga dapat dijalankan di website milik kita sendiri (tidak seperti Blogspot yang belum bisa).
  • WordPress dapat dijalankan di komputer lokal (localhost) atau di komputer tanpa sambungan internet.
  • Banyak pluggin tambahan.
  • Template dapat dirubah-rubah sekehendak hati dan dapat membuat template sendiri.
  • Penggunanya kompak
  • Mendukung SEF (search engine friendly) secara default, sehingga lebih mudah ditemukan di search engine.


Kelemahan :
  • Fitur managementnya sedikit sehingga sebagian orang menganggap terlalu sederhana.
  • Jarang digunakan oleh website-website besar di dunia.
  • Plugginnya tidak sebanyak Joomla, dan terkadang masih lebih bagus pluggin Joomla.


Situs Terkenal yang Menggunakan Wordpress :


2. Joomla

Latar Belakang
     Lahirnya Joomla pada tahun 2005 dengan versi awalnya yaitu versi 1.0, berkaitan dengan Mambo sebagai CMS yang lahir lebih awal pada bulan April 2001. Mambo dibuat oleh Miro Corporation Australia. Pada masa-masa itu, Mambo dikenal sebagai aplikasi CMS terpopular yang tersedia gratis dengan source code, luar biasa dan ampuh. Namun, karena perbedaan prinsip di antara para staff Mambo, maka tahun 2002, produk Mambo terpecah menjadi produk komersil dan versi open-source. Pengembang Mambo komersil bernama Mambo CMS, sedangkan pengembang versi open-source bernama MOS (Mambo Open- Source). Letak perbedaan dari keduanya adalah sistem keamanan, gratis atau tidak, dan ditujukan kepada kalangan siapa.
     Akhirnya pada tanggal 1 September 2005, beberapa staff pengembang MOS benar-benar memutuskan meninggalkan proyek Mambo dan membuat CMS baru yaitu Joomla 1.0, yang free, open-source dan bersifat komunitas. Tanggal 17 September 2005, Produk Joomla versi 1.0 dipublikasikan. Jika sebelumnya Anda telah menggunakan Mambo, maka untuk mempelajari Joomla 1.0 tentu sangat mudah, karena struktur sistem dan tampilan Joomla versi ini masih sama dengan Mambo, bahkan dukungan komponen dan modul pada Mambo dapat Anda gunakan pada Joomla versi tersebut.
     Dalam waktu singkat sejak Joomla lahir, penggunaan dan pengembangan CMS kian marak. Dalam tahun pertama, Joomla didownload lebih dari 2,5 juta kali, terdapat lebih dari 65.000 pengembang Joomla yang resmi, serta terbukti tidak terhitung bahwa banyak website dikembangkan dari Joomla. Dewasa ini, CMS Joomla telah diadopsi beberapa webmaster dari Brasil ke Belanda, dari AS ke Italia dan dari Australia ke Cina. Joomla 1.0 telah dikatakan stabil pada versi terakhirnya 1.0.15.

Caching Plug-in :

  • JotCache menawarkan cache halaman dalam kerangka 1,5 pencarian Joomla, menghasilkan downloads page cepat. Juga menyediakan kontrol atas konten yang di-cache dan apa yang tidak. Selain itu, cache halaman ini didukung oleh Plugin System Cache yang datang dengan Joomla.
Joomla dalam Angka :
  1. Jumlah Download Dalam satu minggu pada 2010 Menurut OCMCS Report   113,836  kali.
  2. Jumlah Plugins/Extension/Modul 7.609
  3. Di dunia maya terdapat 2.7% situs yang menggunakan Joomla
  4. 11.1 juta Pencarian Google setiap bulan nya
  5. $2.53 uang yang di dapat tiap kali Google Adword di Klik.


Keunggulan :

  • Diklaim sebagai cms open source dengan pengguna terbanyak di dunia.
  • Digunakan oleh website yang sederhana hingga website profesional.
  • Sering update baik dari sisi cms maupun dari pluggin.
  • Mendapat kepercayaan dunia dan beberapa kali menerima penghargaan menjadi cms open source terbaik dunia.
  • Mudah dioperasikan.
  • Dapat dijalankan di komputer lokal.
  • Banyak pluggin tambahan.
  • Template dapat dirubah-rubah sekehendak hati dan dapat membuat template sendiri.
  • Banyak pihak pengembang yang terus menambahkan content-content Joomla.


Kelemahan :

  • Defaultnya tidak mendukung SEF, namun ada component pendukungnya baik yang gratis maupun yang bayar, selain itu perlu sedikit optimasi agar mendukung SEF.
  • Terkadang pluggin-pluggin yang didapatkan terdapat bug atau error.
  • Terkadang ada ketidaksesuaian antara cms dan pluggin.


Situs Terkenal yang Menggunakan Joomla :


3.Drupal.


Latar Belakang
     Pada tahun 2000, koneksi internet permanen berada di premi untuk mahasiswa Universitas Antwerp, sehingga Dries Buytaert dan Hans Snijder mendirikan sebuah jaringan nirkabel antara asrama mahasiswa untuk berbagi koneksi modem ADSL milik Hans di antara delapan siswa. Sementara ini situasi yang sangat mewah pada waktu itu, ada sesuatu yang hilang: Tidak ada sarana untuk berdiskusi atau berbagi hal-hal sederhana.
     Dries ini terinspirasi untuk bekerja pada sebuah situs berita kelompok kecil dengan built-in papan web, yang memungkinkan teman-teman untuk meninggalkan satu catatan lain tentang status jaringan, untuk mengumumkan di mana mereka makan malam, atau untuk berbagi beberapa berita penting .
     Perangkat lunak ini tidak memiliki nama sampai suatu hari Dries pindah setelah lulus. Kelompok ini memutuskan untuk menempatkan situs online internal sehingga mereka dapat tetap berhubungan, tetap berbagi temuan menarik, dan menceritakan penggalan kehidupan pribadi mereka. Sambil mencari nama domain yang cocok, Dries menetap untuk ‘drop.org’ setelah dia membuat kesalahan ketik untuk melihat apakah ‘dorp.org’ nama masih tersedia. Dorp adalah kata Belanda untuk ‘desa’, yang dianggap sebagai nama yang cocok untuk komunitas kecil.
     Setelah drop.org didirikan, penonton yang berubah sebagai anggota mulai berbicara tentang teknologi web baru, seperti moderasi, sindikasi, rating, dan otentikasi didistribusikan. Drop.org perlahan-lahan berubah menjadi lingkungan eksperimen pribadi, didorong oleh diskusi dan aliran ide-ide. Diskusi tentang teknologi web yang dicoba pada drop.org dirinya sebagai tambahan baru untuk perangkat lunak menjalankan situs tersebut.
     Barulah kemudian, pada bulan Januari 2001, Dries memutuskan untuk merilis perangkat lunak di belakang drop.org sebagai “Drupal.” Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang lain untuk menggunakan dan memperluas platform eksperimen sehingga lebih banyak orang bisa menjelajahi jalur baru untuk pembangunan. Nama Drupal, diucapkan “droo-puhl,” berasal dari pengucapan bahasa Inggris dari kata Belanda “druppel,” yang berarti “drop.”
Caching Plug-in :
  • Pressflow : Ini adalah versi download dari Drupal yang datang dibundel dengan perangkat tambahan yang populer di bidang utama, termasuk kinerja dan skalabilitas.
Drupal dalam Angka :
  1. Jumlah Download Dalam satu minggu pada 2010 Menurut OCMCS Report   33.671  kali.
  2. Jumlah Plugins/Extension/Modul 8.039
  3. 885 Jumlah tema yang tersedia
  4. Di dunia maya terdapat 1.6% situs yang menggunakan Drupal
  5. 5 juta Pencarian Google setiap bulan nya
  6. $4.58 uang yang di dapat tiap kali Google Adword di Klik.

Keunggulan :

  • Diklaim sebagai cms terbaik saat ini dan mengalahkan Joomla.
  • Digunakan oleh website yang sederhana hingga website profesional.
  • Mudah dioperasikan
  • Dapat dijalankan di komputer lokal.
  • Banyak pluggin tambahan.
  • Template dapat dirubah-rubah sekehendak hati dan dapat membuat template sendiri.
  • Mendukung SEF (search engine friendly) secara default, sehingga lebih mudah ditemukan di search engine.


Kelemahan :

  • Penggunanya tidak terlalu banyak, terutama di Indonesia.
  • Plugginnya tidak sebanyak Joomla.
Situs Terkenal yang Menggunakan Drupal :

Source :





#Kelompok 7# #Pengantar Web Science#


Anggota kelompok :

  1. Afiif Qairawan (50410252).
  2. Edi Sudrajat (59410378).
  3. Femi Fahriani (52410718).
  4. Joko Hendro (59410139).
  5. Muhammad Reza Chaedar Fatah (54410597).
Rabu, 30 Mei 2012
Posted by Save Our Nature

Sejarah Perkembangan World Wide Web.
Web adalah suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URL). Web trus bergenerasi mengikuti zaman, Generasi web kini telah mencapai generasi ketiga. generasi-generasi web dari 1.0 hingga 3.0 :
Web 1.0 merupakan teknologi web yang pertama, dikembangkan sebagai pengaksesan informasi serta memiliki sifat yang sedikit interaktif dibanding dengan versi selanjutnya, jadi secara garis besar, web 1.0 hanyalah bersifat read dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran lewat computer, aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja.
Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya.Secara garis besar, web 2.0 bersifat read-write. Jadi, pada era web 2.0 ini pengguna internet terutama pada website tidak terpaku hanya ingin menulis untuk orang lain atas namanya sendiri, tetapi digunakan untuk saling berbagi ilmu atau yang lainnya sehingga dapat terbentuk suatu komunitas secara online dan tidak bersifat individual.Kelebihan dari web ini adalah sebagai berikut :
·         The Web as Platform (Pengerjaan suatu aplikasi/tulisan dapat langsung dikerjakan di media internet tanpa harus mengerjakannya terlebih dahulu di windows desktop)
·         Harnessing Collective Intelligence (Web 2.0 memiliki kinerja untuk memanfaatkan tulisan orang lain untuk mengisi konten web secara kolektif (tidak hanya webmaster yang mengisi konten sendiri), contohnya seperti youtube)
·         Data is the Next Intel Inside (merupakan suatu garansi kepercayaan dari para pemberi data kepada pemilik website bahwa pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus di update setiap waktu)
·         End of the Software Release Cycle (pada web 2.0 aplikasi software dapat langsung digunakan lewat internet/internet menjadi platform menjalankan program)
·         Lightweight Programming Models (pembuatan web 2.0 menggunakan bahasa yang ringan dan mendukung pengembagan program)

perbedaan Web 1.0 dan Web 2.0 yaitu :
  1. Perilaku pengguna Membaca Menulis
  2. Pelaku utama Perusahaan Pengguna/Komunitas
  3. Hubungan dengan server Client-server Peer to peer
  4. Bahasa pemrograman penampil konten HTML XML
  5. Pola hubungan penerbit-pengguna Searah Dua arah/ Interaktif
  6. Pengelolaan konten Taksonomi/direktori Folksonomi/penanda/tag
  7. Penayangan berbagai kanal informasi Portal RSS/Sindikasi
  8. Hubungan antar pengakses Tidak ada Berjejaring
  9. Sumber konten Penerbit/pemilik situs Pengguna
Web 3.0 adalah revolusi web pada saat ini, atau disebut juga sebagai semantic web, dimana hubungan dunia TI dan telekomunikasi sangatlah dekat. Web ini diperkirakan akan berkembang pada tahun 2010-2020 dan saat ini masih dalam tahap pengembangan. Web 3.0 juga membutuhkan kecepatan internet yang memadai dan spesifikasi komputer yang lebih baik karena kebutuhan akan grafis atau tampilan yang ada pada web 3.0, yaitu visual yang berbasis 3D.
Menurut PC magazine karakteristik dari web 3.0 adalah :
  • Semantic Web (web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya sehingga informasi dapat disajikan dengan cepat dan tepat)
  • The 3D Web (web dengan kemampuan visual 3D dan interaksi secara realtime)
  • The Media-Centric Web (Photo, audio, dan video akan menjadi cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan selain keyword)
  • The Pervasive Web (Web yang mudah diakses dengan berbagai cara dan alat berbeda kapan saja dan dimana saja)
web 3.0 ini masih dalam pengembangan, dan saat ini dikembangkan oleh secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community. Dan web 3.0 ini tidak hanya diekspresikan di dalam bahasa alami yang tidak dimengerti manusia, tetapi juga dalam bentuk yang dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh software agents (perangkat lunak). Jadi, tujuan utama aweb 3.0 ini adalah perangkat lunak akan mampu mencari, membagi dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah. Pembuatan web 3.0 ini dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinas oleh W3C (World Wide Web Consortium). Dan standar yang paling penting untuk web 3.0 adalah XML, XML Schema, RDF OWL dan SPARQL.

1958
            Departemen Pertahanan AS meluncurkan Advanced Research Projects Agency (ARPA) yang mengembangkan Internet yang belum sempurna pada 1960-an - Sungguh menarik untuk dicatat bahwa ARPA muncul karena ancaman yang dirasakan berkaitan dengan Perang Dingin. Ini Departemen Pertahanan proyek akan berkembang menjadi ARPANET di tahun-tahun mendatang dan dapat diakses oleh semua.


1960
            Leonard Kleinrock di MIT menerbitkan makalah pertama tentang teori packet switching pada bulan Juli 1961. Douglas Englebart NLS mengembangkan - sebuah sistem hyperlink online - dan juga menemukan mouse; alat penting yang tidak akan mendapatkan popularitas sampai hampir 20 tahun kemudian. Sepertinya aku ingat membaca sesuatu yang kembali di 60-an, sistem mouse akan membuat Anda kembali sekitar setengah juta dolar :). Ted Nelson koin istilah "hypertext".


1970
            Ray Tomlinson mengembangkan sistem mail elektronik pertama. Bob Kahn dan Vint Cerf mengembangkan protokol jaringan TCP / IP yang masih workhorses dari Internet saat ini. Ethernet juga dikembangkan selama dekade ini.  Pesan spam pertama dikirim oleh perwakilan pemasaran DEC ke membunuh alamat ARPANET pada tahun 1978.

1980
            Domain Name System (DNS) diperkenalkan pada tahun 1984. DNS menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP dan sebaliknya. Itu juga pada tahun 1984 bahwa Apple meluncurkan komputer pribadi pertama.  FidoNet, jaringan pertama untuk menghubungkan komputer pribadi, didirikan pada tahun 1983.  Tim Berners-Lee menerbitkan kertas Manajemen Informasi yg berisi Sebuah Proposal, yang rinci bagaimana World Wide Web akan beroperasi pada tahun 1989. Dia menciptakan sistem database hyperlink untuk digunakan dalam menghubungkan database melalui jaringan tertutup.

1990
            Berners-Lee menciptakan istilah World Wide Web. Itu sebenarnya nama browser yang ia ciptakan. Web server pertama dan halaman Web di nxoc01.cern.ch juga diujicobakan akhir tahun itu, tetapi itu hanya dapat diakses melalui undangan. nxoc01.cern.ch kemudian diganti namanya menjadi info.cern.ch, yang masih aktif sampai sekarang.

1991 – 1994
            Berners-Lee web server dan browser dibuat dapat diakses publik setelah membuat pengumuman ini dan server lainnya mulai muncul di seluruh dunia.

            Pada akhir 1992, ada sekitar 26 situs yang dapat diakses publik yang tersedia di web Dunia World Wide. Surfing Internet "yang diciptakan oleh Jean Armour Polly.
            Marc Andreessen dan Eric Bina merilis versi pertama dari Mosaic browser. Ini adalah browser pertama yang mendukung tampilan gambar.

            Iklan gambar banner pertama berbasis juga dijual selama tahun ini oleh Navigator Net Global (GNN) yang merupakan publikasi web pertama secara komersial didukung. HotWired segera berikut dengan menjual penempatan iklan banner di situs mereka, salinan yang dapat dilihat di sini.
            Mesin pencari pertama di dunia, Web Crawler, dan Lycos, yang diluncurkan. Jerry Yang dan David Filo menerbitkan "Panduan Jerry ke World Wide Web" online, yang akan berkembang menjadi Yahoo. Versi pertama dari Netscape Navigator juga dirilis.

1995
            Para layanan streaming audio pertama dirilis - RealAudio, Jeff Bezos meluncurkan Amazon.com, peluncuran eBay, Craig Newmark mendirikan Craigslist dan Internet Explorer 1.0 dilepaskan. Pada tanggal 24 Oktober 1995, FNC mengeluarkan resolusi yang mendefinisikan Internet panjang.n Pendahulunya PHP, PHP / FI, yang berdiri untuk Personal Home Page / Forms Interpreter diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun ini. 1995 juga melihat iklan pop-up pertama menjadi ada banyak sukacita pemasar dan horor dari surfer banyak  internet


1996
            Larry Page dan Sergey Brin mulai bekerja pada BackRub, cikal bakal Google. Yahoo hits pasar saham. Amazon.com meluncurkan toko buku dan program afiliasi online pertama di dunia. Seperempat juta situs dilaporkan ada. Penyebutan pertama yang tercatat phishing terjadi pada tanggal 2 Januari 1996. Internet booming keuangan dimulai.

1997-2000                       
             Google.com diluncurkan dan America Online membeli Netscape Communications. Pada saat ini ada sekitar tiga perempat juta situs komersial di web dunia luas. PayPal didirikan pada akhir 1998 oleh American  Para V.90 56Kbps modem standar ini disetujui September, 1998. Pada bulan Mei / Juni 1998, DDoS primitif pertama (Distributed Denial of Service) alat-alat yang dikembangkan. Belanja situs perbandingan pertama, mySimon, diluncurkan dan Goto.com memperkenalkan iklan Pay Per Klik. Internet memiliki 147 juta pengguna di seluruh dunia.

            Besar-besaran game pertama multiplayer role-playing game (MMRPG), EverQuest, dilepaskan. The "blog" istilah yang diciptakan oleh Peter Merholz. Napster juga diluncurkan pada tahun ini. Pemerintahan Netscape selesai dan Microsoft Internet Explorer memiliki hampir 100% dari pasar browser.


2001
               
Apple meluncurkan iTunes. Dampak dari ledakan bubble.com terus menipis kawanan tinggi flyer, banner iklan harga phising dimana mana, menempatkan perusahaan-perusahaan kecil banyak tergantung pada pendapatan iklan di posisi yang berbahaya. Lalu Wikipedia diluncurkan pada saat Internet memiliki 500 juta pengguna

2002
            Mozilla 1.0, yang pada akhirnya akan berkembang menjadi Firefox, dilepaskan. Pada titik waktu, Internet Explorer memiliki pangsa 95 persen pasar browser. Technorati, mesin pencari blog resmi meluncurkan 12.000 dengan weblog di indeks. , Technorati saat ini (pada tulisan ini di buat) melacak 54 juta blog.

2003
                MySpace dijalankan, yang kemudian dengan cepat tumbuh menjadi layanan jejaring sosial terbesar di dunia. Istilah "Web 2.0" diciptakan dan didefinisikan dalam sesi konferensi curah pendapat antara O'Reilly dan MediaLive Internasional.

Google AdSense prekursor diluncurkan pada bulan Maret 2003. Pada saat itu, penawaran yang dinegosiasikan dengan pemilik situs lalu lintas tinggi langsung; penerbit yang lebih kecil tidak diterima ke dalam program.

            Istilah "splog" yang diciptakan untuk menggambarkan spam blog yang diciptakan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari dari situs yang mereka terhubung. Splogs akan lebih dikenal kemudian untuk yang ada murni untuk menghasilkan pendapatan melalui iklan kontekstual. Yahoo mengakuisisi Overture. Olahpesan cepat (IM) adalah menghasilkan lima miliar pesan per hari


2004
            Versi pertama dari Firefox dilepaskan dan segera menjadi pesaing serius untuk cengkraman Internet Explorer. Google mengalami IPO melalui format Lelang Belanda. Facebook diluncurkan
Peran blog menjadi semakin mainstream.

2005
            Jesse James Garrett koin dari AJAX meluncurkan YouTube.com peluncuran.Google meluncurkan pencarian blog, tapi technorati masih bercokol sebagai  pemimpin pencarian blog.

2006
            Situs jejaring sosial dan layanan tumbuh sampai seperti jerawat remaja dan istilah "Web 2.0" menjadi mantra Twitter didirikan pada Maret 2006 sebagai proyek penelitian dan pengembangan. Menurut MessageLabs, rasio global spam dalam lalu lintas email meningkat menjadi 64,8% dari semua email global. Pada tahun ini Ada sekitar 92 juta situs Web.

2007
            Istilah "bacn" datang ke dalam penggunaan. Bacn mengacu pada email pemberitahuan banyak diterima oleh pelanggan dan anggota layanan jejaring sosial yang mengancam membanjiri inbox mereka.
            Spam sekarang terdiri dari 90% dari semua email perusahaan. Netscape mengumumkan browser tidak akan lagi dikembangkan atau didukung dari 1 Februari 2008 Google merayakan ulang tahunnya yang ke-10
            1,1 miliar orang yang menggunakan Internet dan perempuan sekarang lebih banyak daripada pria online. 120.000 blog baru sedang diciptakan global setiap hari

2008
            China sekarang memiliki populasi online terbesar di dunia lebih dari 162 juta Nama Domain Top Level (TLDs) tercatat sampai akhir kuartal pertama tahun 2008 Ini Google meluncurkan entri baru ke dalam lingkungan web browser - Google Chrome Menurut Nielsen Online, 79% konsumen Amerika Serikat telah membuat pembelian secara online dalam 6 bulan terakhir. Lebih dari 100.100.000 situs web yang beroperasi per Maret 2008.

2009
                Internet kini memiliki 1,5 miliar pengguna dan ada lebih dari 100 miliar halaman web hidup.
            Sudah cukup naik roket untuk Internet setelah jalan lambat sampai 1991. Sementara World Wide Web dimulai sebagai alat untuk membantu fisikawan, seperti banyak penemuan revolusioner lain, itu benar-benar berasal dari kegiatan militer dalam hal memiliki saluran siap yang akan disampaikan. Ini bagus untuk melihat bahwa pajak dolar yang dihabiskan untuk pertahanan benar-benar dapat angin menciptakan sesuatu selain alat untuk membunuh manusia.

            Adapun argumen bahwa puritan banyak diajukan tentang Web yang tidak pernah dimaksudkan untuk tujuan komersial, saya ingin mengutip Tim Berners-Lee, yang diakui  sebagai ayah dari WWW yang mengatakan: "Membeli buku dari Amazon.com dan saham dari E-commerce tidak semua yang ada ke Web Baik adalah Web beberapa ruang ideal di mana kita harus menghapus sepatu kami, hanya makan buah jatuh, dan komersialisme Menghindari Saya sering bertanya-tanya bagaimana Mr Berners-Lee benar-benar merasa tentang ciptaan-Nya. Jika saya berada di sepatunya, saya pasti akan merasa agak kewalahan melihat betapa cepat     
            Mengingat seberapa jauh dan seberapa cepat perkembangan web dalam waktu singkat, pikirkanlah bagaimana yang akan terjadi pada web dalam waktu 5 tahun ke depan.

Source :

anggota kelompok :
1. Afiif Qairawan (50410252)
2. Edi Sudrajat (59410378)
3. Femi Fahriani (52410718)
4. Joko Hendro (59410139)
5. Muhammad Reza Chaedar F (54410597)
Selasa, 27 Maret 2012
Posted by Save Our Nature

Popular Post

Blogger templates

Save Earth


Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!

- Copyright © "MY FILE" -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -