Posted by : Save Our Nature Selasa, 24 Mei 2011

1. Apakah yang dimaksud dengan keadilan dan makna keadilan ??
Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "adil" diartikan: (1) tidak berat sebelah/tidak memihak,(2) berpihak kepada kebenaran, dan(3) sepatutnya/tidak sewenang-wenang. Makna dari sebuah keadilan adalah bahwa keadilan merupakan sebuah sesuatu yang ada pada kehidupan manusia yang memiliki Hakikat yaitu ingin sama. dan harus diperlakukan berbeda supaya sama

2. Apakah yang dimaksud dengan keadilan komutatif, sebutkan contohnya !!
Keadilan Koutatif adalah keadilan yang bersifat menyetarakan atau menyamakan, setiap masyarakat baik itu berupa pekerjaan, makanan, dan hal lainnya. Contohnya pada keluarga, setiap anggota keluarga ingin mendapat sebuah kesetaraan tugas sehingga tidak timbul suatu kesenjangan antar anggota keluarga.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kejujuran dan hakikat kejujuran !!
Jujur bermakna keselarasan antara berita dengan kenyataan yang ada. Jadi, kalau suatu
berita sesuai dengan keadaan yang ada. Kejujuran itu ada pada ucapan, juga ada pada perbuatan.
Pada hakikatnya kejujuran terdapat pada setiap diri manusia dan hanya orang tersebut dan tuhan yang tahu akan perbuatan seseorang dapat dikatakan jujur atau tidak..

4. Apa yang dimaksud dengan Kecurangan dan sebab2 orang melakukan kecurangan ??
Kecurangan adalah istilah umum, mencakup berbagai ragam alat yang kecerdikan manusia dapat direncanakan, dilakukan oleh seseorang individual, untuk memperoleh manfaat terhadap pihak lain dengan penyajian yang palsu. Sebab2 orang melakukan kecurangan adalah karena adanya rasa ingin sebuah kemenangan ataupun kesenangan yang sulit untuk didapatkan namun orang tersebut melakukannya dengan kemudahan sehingga timbulah sebuah kecurangan.

5. Apakah hakikat dari pemulihan nama baik ??
Pada hakekatnya pemulihan nama baik adalah kesadaran manusia akan segala kesalahannya; bahwa apa yang diperbuatnya tidak sesuai dengan ukuran moral atau tidak sesuai dengan ahlak yang baik. Untuk memulihkan nama baik manusia harus tobat atau minta maaf.

6. Apa yang dimaksud dengan pembalasan, sebab2 orang melakukan pembalasan, dan 1 contoh pembalasan ??
Pembalasan ialah suatu reaksi atas perbuatan orang lain. Reaksi itu dapat berupa perbuatan yang serupa, perbuatan yang seimbang, tingkah laku yang serupa, tingkah laku yang seimbang. Pembalasan disebabkan oleh adanya pergaulan. Pergaulan yang bersahabat mendapat balasan yang bersahabat. Sebaliknya pergaulan yagn penuh kecurigaan menimbulkan balasan yang tidak bersahabat pula. Contoh pembalasan misal apabila seseorang diperlakukan buruk oleh orang lain, maka dalam orang tersebut akan muncul sebuah pemikiran pembalasan terhadap orang yang telah memperlakukannya dengan buruk dan merealisasikannya pemikirannya terhadap orang yang ia maksud.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Save Earth


Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!

- Copyright © "MY FILE" -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -